1. PENGERTIAN TEKS BERITA

Dalam buku Kusumaningrat berjudul “Jurnalistik Teori dan Praktik”, pengertian berita adalah informasi aktual tentang fakta-fakta dan opini-opini yang menarik perhatian orang. Dalam masyarakat yang terus berkembang, kita membutuhkan informasi baru sebagai pengetahuan sosial.

Dalam bukunya yang berjudul “Analisis Konstruksi Framing, Ideologi, dan Politik Media”, Eriyanto berpendapat bahwa berita adalah hasil akhir dari proses pengklasifikasian (pengklasifikasian) yang kompleks serta pengidentifikasian peristiwa dan isu tertentu ke dalam kategori tertentu.

Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa tidak semua peristiwa menjadi berita. Dengan cara ini berita dapat diambil dari peristiwa dan fakta nyata serta diurutkan menurut topik tertentu.

  • JENIS-JENIS BERITA

1. Berita Langsung

Berita langsung (straight news) adalah deskripsi peristiwa yang singkat, ringkas, langsung, dan lugas. Itu ditulis dengan gaya yang menggambarkan peristiwa apa adanya tanpa menambahkan penjelasan atau interpretasi. Berita langsung dibagi menjadi dua jenis yaitu berita keras atau hangat (hard news) dan berita lembut atau ringan (soft news).

2. Berita Opini

Berita opini (opinion news) yaitu berita mengenai pendapat, pernyataan, atau gagasan seseorang, biasanya pendapat para cendekiawan, sarjana, ahli, atau pejabat, mengenai suatu peristiwa.

3. Berita Interpretatif

Berita interpretatif (interpretative news) adalah berita yang dikembangkan dengan komentar atau penilaian wartawan atau nara sumber yang kompeten atas berita yang muncul sebelumnya sehingga merupakan gabungan antara fakta dan interpretasi. Berawal dari informasi yang dirasakan kurang jelas atau tidak lengkap arti dan maksudnya.

4. Berita Mendalam

Berita mendalam (depth news) adalah berita yang merupakan pengembangan dari berita

yang sudah muncul, dengan pendalaman hal-hal yang ada di bawah suatu permukaan. Bermula dari sebuah berita yang masih belum selesai pengungkapannya dan bisa dilanjutkan kembali (follow up system). Pendalaman dilakukan dengan mencari informasi tambahan dari narasumber atau berita terkait.

5. Berita Penjelasan

Berita penjelasan (explanatory news) adalah berita yang sifatnya menjelaskan dengan menguraikan sebuah peristiwa secara lengkap, penuh data. Fakta diperoleh dijelaskan secara rinci dengan beberapa argumentasi atau pendapat penulisnya. Berita jenis ini biasanya panjang lebar sehingga harus disajikan secara bersambung dan berseri.

6. Berita Penyelidikan

Berita penyelidikan (investigative news) dalah berita yang diperoleh dan dikembangkan berdasarkan penelitian atau penyelidikan dari berbagai sumber. Disebut pula penggalian karena wartawan menggali informasi dari berbagai pihak, bahkan melakukan penyelidikan langsung ke lapangan, bermula dari data mentah atau berita singkat. Umumnya berita investigasi disajikan dalam format tulisan feature.

  • STRUKTUR TEKS BERITA
Sumber gambar: ruangbelajarlc.com

Adapun struktur teks berita disajikan dalam bentuk piramida terbalik. Artinya, pada bagian awal berita merupakan bagian pokok dan semakin ke bawah berita itu merupakan perincian-perincian yang sifatnya cenderung tidak penting.

Jika pembaca tak cukup waktu untuk mendengarkan keseluruhan informasi, hanya membaca awalannya saja, pembaca akan cukup mendapatkan informasi pokok yang merangkum keseluruhan isi berita.

Secara umum struktur teks berita terdiri dari judul, kepala, berita, tubuh berita, dan ekor berita. Berikut penjelasannya.

1. Judul Berita

Judul sangat penting dalam suatu berita karena berperan sebagai pemikat pembaca untuk membaca isi dari teks berita. Untuk itu, judul harus dibuat semenarik mungkin agar dapat memancing rasa penasaran pembaca.

2. Kepala Berita (Lead atau teras berita)

Kepala berita memiliki lingkup bahasan yang lebih besar. Artinya, ada banyak informasi yang disajikan pada bagian ini. Informasi penting dalam berita memuat unsur ADiKSiMBa. Umumnya pada bagian awal berita ini, penulis akan mengawali informasinya dengan menyajikan 4 unsur, yaitu “apa, di mana, kapan, dan siapa.”

3. Tubuh Berita (Body)

Bagian tubuh berita berisi penjelasan atau informasi yang disampaikan pada bagian kepala berita. Bagian ini adalah jawaban atas pertanyaan “mengapa dan bagaimana”. Umumnya, memuat latar belakang atau alasan suatu peristiwa bisa terjadi.

4. Ekor Berita

Bagian ini mencantumkan informasi yang bersifat tambahan. Apabila bagian ini dihilangkan, tidak akan berpengaruh terhadap pokok berita.

  • CONTOH TEKS BERITA

Berikut ini beberapa contoh teks berita yang bisa dijadikan sebagai referensi sebelum menulis teks berita:

Contoh 1: Survei Football Institute: 35% Publik Tidak Puas Kinerja PSSI

Survei membuktikan sebanyak 35 persen koresponden tidak puas dengan kinerja PSSI dalam penanganan Tragedi Kanjuruhan. Pada survei yang digelar Football Institute juga memunculkan calon kuat Ketua Umum PSSI pengganti Mochamad Iriawan alias Iwan Bule pada Kongres Luar Biasa (KLB) mendatang.

Baru-baru ini survei digelar Football Institute yang melibatkan 1.200 sampel. Sampel diambil dari enam kota yang masing-masing terdiri dari 200 orang.

Ada banyak variabel yang diambil dalam survei Football Institute. Beberapa di antaranya adalah penilaian suporter terhadap kepemimpinan Mochamad Iriawan sebagai Ketum PSSI.

Lalu responden dimintai pendapatnya soal alasan PSSI tidak bertanggung jawab di Tragedi Kanjuruhan. Hingga penilaian terhadap kinerja PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator Liga 1.

Untuk itu, Football Institute punya jagoan untuk maju bursa pencalonan Ketum PSSI. Setidaknya tiga nama mereka ajukan yakni Hary Tanoe, Erick Thohir, dan Achsanul Qosasi.

Founder Football Institute Budhi Setiawan mengatakan, Hary Tanoe menjadi kandidat kuat dengan pengalamannya sebagai ketua umum Federasi Futsal Indonesia. Meskipun tantangannya nanti berbeda antara futsal dan sepakbola.

“Pasti jadi modal itu (ketum Federasi Futsal Indonesia) buat dia untuk melakukan kampanye terhadap voters. Artinya walaupun futsal masuk dalam football organizationnya FIFA, tapi pengelolaan futsal dengan sepakbola sangat jauh sekali berbeda,” kata Budhi Setiawan kepada wartawan di Jakarta, Senin (31/10/2022).

“Secara suporternya saja berbeda, yang satu indoor (5-7 ribu penonton), sedangkan stadion bisa sampai 80-90rb. Artinya tingkat risiko tinggi, tinggal beliau siap atau enggak dengan shifting dari yang kecil menjadi yang besar. Karena kan bukan bicara pengalaman, bukan modal kapital tapi kesiapan untuk menanggung risiko. Sebagai bisnisman, Hary Tanoe pasti punya perhitungan, apa yang akan dilakukan,” ujarnya menambahkan.

Football Institute juga menjagokan Erick Thohir. Ia dinilai punya modal mengurus sepakbola, apalagi pernah menjadi pemilik saham terbesar Inter Milan.

Selain itu, Erick Thohir juga pernah menjadi pemilik klub Amerika Serikat DC United. Dengan bekal itu, Erick Thohir dianggap tidak buta-buta amat dengan sepakbola.

“Erick Thohir walaupun tidak secara langsung pernah beraktivitas di PSSI, tapi siapa yang tak kenal dia. Erick Thohir membangun brand Indonesia melalui klub Inter Milan. Bersama dengan Anindya Bakrie, dia membeli Oxford United di Inggris. Dia jadi duta Indonesia yang mempopulerkan di luar negeri,” tutur Budhi.

Calon berikutnya adalah Achsanul Qosasih yang merupakan presiden Madura United. Pria kelahiran Sumenep, Jawa Timur (Jatim) pada 10 Januari 1996 juga pernah menduduki jabatan strategis sebagai Bendahara PSSI pada periode 2007-2011.

“Achsanul Qosasi sudah lama di dunia sepakbola, memimpin Madura United dari mulai 0 sampai sekarang sudah autopilot. Jadi dari secara pengalaman, jam terbang, kemampuan sudah tak diragukan. Tinggal bagaimana sosok beliau acceptable atau enggak di teman-temannya sendiri,” ucapnya.

Contoh 2: Kapolda Kalteng Minta Maaf soal Oknum Anggotanya Lecehkan Siswi PKL

Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Nanang Avianto meminta maaf terkait kasus pelecehan seksual siswi PKL yang dilakukan oleh oknum anggotanya, AKP M. Irjen Nanang memastikan AKP M diproses hukum.

“Atas peristiwa ini Kapolda Kalteng meminta maaf atas perbuatan dari oknum tersebut,” ujar Kasubdit Penmas Polda Kalteng AKBP Murianto kepada detikcom, Senin (31/10/2022).

Diketahui AKP M yang berdinas di ESDM Polda Kalteng melakukan pelecehan seksual terhadap siswi yang sedang PKL di Polda Kalteng. Saat itu AKP M dengan sengaja memeluk korban dari arah belakang.

“Jadi korban itu dipeluk dari belakang. Saat itu dilakukan oleh AKP M di ruangannya, saat itu korban di tempatkan satu ruangan dengan AKP M,” terangnya.

“Korban itu ada praktik lapangan. Mungkin biasa bercanda atau apa, kemudian korban dipeluk dari belakang,” imbuhnya.

Kasus tersebut terkuak setelah korban melaporkan apa yang dilakukan AKP M kepada orang tuanya. Orang tua korban langsung membuat laporan polisi.

“Kalau yang melaporkan kejadian ini ibu korban. Kemudian kalau laporan yang di TKP itu sudah diproses juga di bagian Subdit Renakta Ditreskrimum,” kata Murianto.

Kini AKP M telah di periksa di Bid Propam Polda Kalteng. Selain itu yang bersangkutan telah di mutasi dan ditempatkan di penempatan khusus (patsus).

“Sudah dimutasi, didemosi, dan ditaruh di penempatan khusus,” pungkasnya.

Contoh 3: Seleksi PPPK Bakal Diumumkan November, Pemkot Makassar Tunggu Juklak Pusat

Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) rencananya bakal diumumkan pada November 2022 mendatang. Pemkot Makassar menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN) tersebut.

“Ini secepatnya bulan November sudah dikeluarkan pengumuman (seleksi PPPK),” papar Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar Ilham Rasul kepada detikSulsel, Senin (31/10/2022).

Menurut Ilham, pihaknya belum menerima informasi kapan juklak seleksi PPPK itu akan diterbitkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

“Nah itu (Juklak) belum keluar dari MenPAN. Makanya kita (BKPSDM) masih menunggu ini,” sambungnya.

Pihaknya pun sisa menunggu petunjuk dari Pusat. Ilham berharap seleksi PPPK bisa tetap dimulai tahun ini mengingat sudah menjelang akhir tahun.

“Iya belum, kita juga gelisah di daerah ini sudah mau akhir tahun. Bisa jadi seleksinya ini menyeberang ke tahun depan,” papar Ilham.

Contoh 4: Anggota KKB Kabur dari Lapas Wamena Ditangkap, Sempat Lawan Petugas

Anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua bernama Yentinus Kogoya alias Kumis Kogoya yang kabur dari Lapas Wamena, Jayawijaya, Papua ditangkap. Napi kasus kepemilikan senjata tersebut dilumpuhkan saat penangkapan karena sempat melawan petugas.

Yentinus Kogoya ditangkap di Depan Toko Emas Himalaya, Jalan Pemukiman Jalur 1 Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Senin (31/10/2022), sekitar pukul 07.47 WIT. Penangkapan dilakukan tim gabungan Satgas Damai Cartenz bersama Polres Yahukimo.

“Tim gabungan kemudian bergerak ke Jalan Pemukiman Jalur 1 Distrik Dekai, dan melakukan penangkapan terhadap pelaku,” ungkap Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangannya, Senin (31/10).

Kamal menuturkan, napi tersebut kabur dari Lapas Wamena pada 13 Juni lalu. Yentinus Kogoya merupakan narapidana yang terjerat kasus hukum terkait tindak pidana pasal I Ayat (I) UU Darurat RI Nomor 12 Tahun 1951.

“Penangkapan ini dilakukan setelah anggota menerima laporan dari masyarakat,” imbuh Kamal.

Kamal melanjutkan, Yentinus Kogoya melakukan perlawanan kepada petugas saat akan diamankan. Petugas pun mengeluarkan tembakan peringatan namun tidak diindahkan.

“Selanjutnya anggota melumpuhkan DPO dengan tembakan terukur ke arah lutut sebelah kanan dan kiri,” ujarnya.

Yentinus Kogoya langsung dilarikan ke Rumah Sakit Yahukimo. Pelaku mendapatkan perawatan medis sebelum kembali melanjutkan masa hukumannya.

“Saat ini Yentinus Kogoya alias kumis sudah dievakuasi ke RSUD Yahukimo, untuk mendapat perawatan medis,” ujarnya.

Contoh 5: Cara Unik Makan Tiram Bakar Khas Barru, Seru dan Nikmat

Tiram bakar merupakan kuliner khas Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang cukup digemari masyarakat. Olahan tiram asal Kelurahan Coppo, Kabupaten Barru ini cukup unik karena tidak seperti sajian tiram pada umumnya.

Saat dihidangkan, pengunjung tidak bisa langsung menyantap tiram, melainkan harus membuka sendiri tiram bakar menggunakan alat pemukul dari besi yang telah disediakan.

“Ini juga yang unik, jadi pengunjung membuka sendiri jadi membuat lebih nikmat sebab dari hasil keringat sendiri,” ungkap seorang pedagang tiram bakar khas Barru, Umar saat ditemui detikSulsel, Sabtu (22/10/2022).

Cara tradisional ini merupakan kas masyarakat setempat. Namun, cara ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat tiram bakar Barru.

Selain itu, cara membakar tiram juga masih menggunakan cara tradisional. Namun, hal ini justru menambah aroma yang mengundang selera dari tiram bakar Barru.

Setelah daging tiram dikeluarkan dari cangkang, baru bisa dikonsumsi bersama nasi hangat dan sambal cocol jeruk nipis. Sensasi rasa pedas bercampur asam dari sambal sangat pas dengan kenyal dan gurihnya daging tiram.

Selain itu, pengunjung juga bisa mengonsumsi tiram dengan cacahan mangga muda. Rasa asam dari manis dan gurih dari tiram akan terasa sangat nikmat.

Contoh 6: Gratis! Kereta Api Sulsel Resmi Beroperasi Terbatas Hari Ini

Kereta api Sulawesi Selatan (Sulsel) yang melintasi rute sepanjang 66 kilometer resmi beroperasi terbatas hari ini. Pada tahap awal kereta akan melayani rute Stasiun Garongkong Barru ke Stasiun Mangilu Pangkep atau sebaliknya.

“Hadir pak Zulmafendi, Plt Dirjen Perkeretaapian Kemenhub di pengoperasian terbatas,” ujar Kadiv Humas Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulsel Hendry Mundan kepada detikSulsel, Sabtu (29/10/2022).

Pengoperasian secara terbatas ini menggunakan kereta inspeksi yang dimodifikasi menjadi kereta penumpang. Kereta bergerak meninggalkan Stasiun Garongkong, Barru sekitar pukul 11.06 Wita.

Kereta akan melintasi Stasiun Barru, Stasiun Tanete Rilau, Stasiun Mandalle, Stasiun Ma’rang, Stasiun Labakkang dan berakhir di Stasiun Mangilu Pangkep.

“Kita perkirakan waktu tempuh hampir 2 jam karena kecepatan rata-rata kisaran 60-80 kilometer per jam,” bebernya.

Kepala BPKA Sulsel Amanna Gappa sebelumnya mengatakan kapasitas gerbong kereta yang tersedia saat ini masih terbatas. Gerbong yang disiapkan selama pengoperasian terbatas hanya bisa mengangkut sekitar 100 penumpang.

“Ini yang kita open untuk sosialisasi ke masyarakat,” beber Amanna Gappa.

Amanna Gappa mengatakan kereta akan melayani penumpang satu kali sehari pulang pergi (PP). Rute yang disiapkan adalah dari Stasiun Garongkong di Kabupaten Barru menuju Stasiun Mangilu di Kabupaten Pangkep dan sebaliknya.

Amanna Gappa mengatakan penumpang akan dibebaskan dari biaya tiket alias gratis selama masa pengoperasian terbatas.

“Gratis selama masa pengoperasian terbatas,” jelasnya.

Contoh 7: Walkot Makassar Siap Beri Bonus Atlet Berprestasi di Porprov Sulsel

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melakukan Pelepasan dan Pengukuhan Kontingen Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) XVII Tahun 2022 Kota Makassar di Lapangan Karebosi, Minggu (16/10/2022). Makassar mengirimkan 784 orang atlet ke Porprov Sulsel XVII.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto yang menjadi pembina upacara bersama seluruh kontingen, mengikuti jalannya upacara pelantikan, pengukuhan dan pelepasan kontingen dengan khidmat di tengah guyuran hujan.

“Hujan tidak menyurutkan semangat dan tekad kita mempersembahkan yang terbaik bagi Makassar,” ungkap Danny dikutip dalam keterangan tertulis.

Danny pun menjanjikan bonus bagi para pemecah rekor dalam agenda olahraga empat tahunan tersebut.

“Bagi pemecah rekor, tentunya akan diberikan bonus tambahan, demikian pula bagi pemegang medali emas yang membutuhkan pekerjaan, akan dimasukkan dalam Laskar Pelangi,” sebut Danny.

Ia menyatakan pemberian bonus merupakan wujud dukungan penuh bagi dunia olahraga. Ia menekankan olahraga adalah solusi bagi pemuda dan generasi penerus bangsa. Danny juga berpesan kepada para atlet agar menjaga konsentrasi, tetap fokus, dan menjaga kesehatan.

“Saya terharu, karena momen ini mengingatkan sejarah perjalanan hidup saya, saat menjadi kontingen Porda mewakili Makassar,” ungkap Danny.

Contoh 8: Polisi di Bone Jadikan Motor Dinas Perpustakaan Keliling, Sasar Siswa SD

Seorang polisi di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadikan motor dinasnya sebagai perpustakaan keliling. Perpustakaan tersebut menyasar siswa SD di daerah pelosok kabupaten berjuluk Bumi Arung Palakka.

Dia adalah Aipda Andi Ikbal Rosani. Saat ini dia bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Salebba, Polsek Ponre, Kabupaten Bone. Hal ini ia lakukan untuk menumbuhkan minat baca anak-anak di pelosok desa.

“Awal mulanya waktu pandemi, saya pantau sekolah tertutup dan anak-anak kelas 1, 2, dan 3 susah untuk belajar. Makanya saya niat untuk membawa buku-buku di motor dinas saya, agar anak sekolah tetap bisa belajar meski pandemi,” kata Aipda Andi Ikbal Rosani kepada detikSulsel, Rabu (28/9/2022).

Ikbal menuturkan, perpustakaan keliling ini sudah digagas sejak Agustus 2020 lalu, namun baru bisa beroprasi pada 25 Februari 2021. Metode perpustakaan yang diterapkannya yakni dengan menghampiri anak-anak di pelosok desa.

“Saat pandemi hanya menggunakan metode belajar daring. Masalahnya di tempatku, jangankan jaringan internet, HP android pun jarang ditemukan, khususnya bagi kalangan pelajar SD,” terangnya.

Lokasinya bertugas di Desa Salebba merupakan desa pelosok di Kecamatan Ponre. Perjalanan menuju desa ini menempuh sekitar 10 km dari Polsek Ponre dengan kondisi jalanan yang ekstrem serta berlumpur. Dari Kota Watampone, perjalanan butuh waktu sekitar 2 jam.

Ikbal menuturkan, buku-buku yang diangkut menggunakan motor dinasnya itu juga dibawa ke lokasi desa binaan. Di desa binaan tersebut, ia juga mengajarkan anak-anak untuk membaca, menulis, dan berhitung.

“Kemudian dibentuk warung literasi (Wali) dan dioperasikan pada 13 Mei 2021 untuk lebih membantu kerja perpustakaan keliling. Tujuannya, agar warga khususnya pelajar, dapat mengakses buku dengan mudah, karena sudah ada wali di setiap dusun yang ada di desa binaan,” jelasnya.

Contoh 9: Layani Warga Modal Sebut Nomor Rumah, Dokter di Bone Jadi Nakes Teladan

Dokter Puskesmas Patimpeng, Kabupaten Bone, dr Andi Rizki Tenryayu (29) menggagas program ‘berkah’ atau akronim dari berobat cukup sebut nomor rumah. Inovasi yang mengantarkannya menjadi juara 1 seleksi tenaga kesehatan (nakes) teladan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2022.

“Alhamdulillah, berhasil lolos seleksi tenaga kesehatan teladan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan meraih peringkat pertama untuk kategori dokter,” ucap dr Andi Rizki Tenryayu kepada detikSulsel pada Rabu (10/8/2022).

Rizki mengaku bangga atas pencapaian ini. Meski begitu menurutnya prestasi ini bentuk pengabdian kepada masyarakat di tanah kelahirannya, Kabupaten Bone.

“Tentu ini kebanggaan tersendiri untuk tanah kelahiran,” ucap dia.

Rizki mengatakan seleksi nakes teladan tingkat Provinsi Sulsel 2022 ini diikuti perwakilan 10 kabupaten/kota. Di antaranya Pangkep, Parepare, Sidrap, Soppeng, Wajo, Bone, Luwu, Luwu Timur, Makassar, dan Takalar.

“Sebenarnya ada beberapa komponen penilaian umum yang memiliki bobot penilaian yang berbeda-beda dalam seleksi nakes teladan. Salah satu poin penilaian yang bobotnya cukup tinggi yaitu sebagai pencetus inovasi dalam bidangnya,” sebutnya.

dr Andi Rizki Tenryayu keluar sebagai juara I seleksi nakes teladan tingkat Sulsel kategori dokter berkat inovasinya bernama ‘berkah’. Itu merupakan program yang sudah dia gagas sejak tahun 2019 lalu.

“Nama inovasinya Berkah (berobat cukup sebut nomor rumah). Karena nomor rumah sama dengan nomor rekam medik. Inovasi saya ini sudah berlangsung sejak tahun 2019,” bebernya.

Contoh 10: Keren! Siswa SMAN 4 Enrekang Borong Juara Kompetisi Tingkat ASEAN

Sebanyak 14 siswa SMAN 4 Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Mereka memborong juara pada ajang The ASEAN Intervarsity Youth Competition 2022 yang digelar di Thailand.

“Alhamdulillah, anak-anak kami kemarin baru saja menjuarai ASEAN Intervarsity Youth Competition 2022 yang digelar di Thailand. Jadi SMA Negeri 4 Enrekang borong juara 1, 2, dan 3 pada kompetisi tersebut,” kata guru SMAN 4 Enrekang, Salman kepada detikSulsel, Selasa (27/9/2022).

Salman mengungkapkan, kegiatan tersebut berlangsung pada 15 hingga 20 September 2022. Sebanyak 14 siswanya lolos saat tes secara online dan berangkat menuju Songkla University di Thailand untuk bersaing dengan pelajar dari negara ASEAN lainnya.

“Jadi mereka bersaing dengan pelajar dari negara ASEAN lainnya. Dari 14 siswa kami, mereka saling berpasangan dalam satu tim, dan 3 tim dari SMA 4 Enrekang inilah yang sabet semua juara,” ungkapnya.

Beberapa tema yang menjadi topik dalam perlombaan pelajar se-ASEAN itu di antaranya, keunggulan negara-negara di AEAN, sektor ekonomi, sosial, budaya, serta cara kerja sama negara ASEAN dengan negara maju lainnya.

Adapun nama siswa SMA 4 Enrekang yang berhasil menyabet penghargaan dalam kompetisi itu yakni, Muhammad Kelvin Tri Athira Abel dan Aldy Arianto juara sebagai juara 1, Muhammad Refqi dan Rezky Indra Syaputra sebagai juara 2, serta Abdul Jabbar Musra dan Ahmad Hidayat sebagai juara 3.

Salman mengutarakan, atas prestasi tersebut siswanya mendapatkan uang sebesar Rp 10 juta. Dengan rincian juara pertama mendapat 10.000 baht, juara kedua 7.000 baht, dan juara ketiga 3.000 baht.

“Kalau dirupiahkan sekitar Rp 10 juta. Tapi yang paling penting itu adalah pengalaman yang mereka dapat bisa bersaing dengan pelajar se-ASEAN,” ucapnya.

Contoh 11: Warga Lutra Bangun Drainase Pakai Dana Swadaya yang Dikumpulkan 16 Tahun

Warga Desa Cendana Putih 1 (CP 1), Kecamatan Mappedeceng, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel) gotong royong membangun drainase menggunakan dana swadaya. Dana tersebut dikumpulkan selama 16 tahun atau sejak 2006 lalu.

“Pemasangan drainase tersebut dilakukan dengan menggunakan dana swadaya masyarakat,” ujar Kepala Desa CP 1 Muhammad Nur saat dikonfirmasi detikSulsel, Jumat (10/6/2022).

Panjang drainase yang dibangun oleh warga sekitar 150 meter tersebut dikerjakan sejak Rabu (8/6). Proses pengerjaannya menggunakan dilakukan sebanyak 52 orang.

“Kami buat drainase sepanjang 150 meter dengan tenaga kerja non hari orang kerja (HOK). Sebanyak 52 orang ikut melakukan gotong royong, sejak Rabu,” ungkapnya.

Muhammad Nur mengatakan dalam pembangunan drainase ini sama sekali tidak menggunakan dana desa. Pihaknya murni hanya menggunakan dana swadaya masyarakat sebesar Rp 30 juta.

“Kita tidak menggunakan dana desa, ini murni dengan swadaya masyarakat sebesar Rp 30 juta,” bebernya.

Dia mengungkapkan, dana yang digunakan ini sudah dikumpulkan sejak tahun 2006 lalu. Dana awalnya disimpan pinjamkan ke masyarakat dengan sistem bunga. Hasil dari bunga itu kemudian yang dikumpulkan untuk melakukan pembangunan drainase.

“Sejak tahun 2006 sampai sekarang dana terkumpul sebesar Rp 175 juta, disimpan pinjamkan kepada masyarakat setempat per triwulan dan perguliran atau bunga dari uang tersebut (Rp 30 juta) digunakan untuk membangun drainase,” imbuhnya.

Contoh 12: Pesawat Rakitan Petani di Enrekang akan Diubah Jadi Helikopter

Pesawat buatan petani bernama Ibrahim (42) di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel) belum bisa terbang karena terkendala landasan pacu. Ibrahim lalu berencana mengubah pesawatnya menjadi helikopter agar bisa lebih mudah terbang.

“Pesawatnya sudah berada di kebun raya Enrekang. Kemarin mau mi diterbangkan tapi melihat tracknya yang tidak layak makanya batal. Jadi masih terparkir di sana sekarang,” kata Ibrahim saat dikonfirmasi, Rabu (3/8/2022).

Ibrahim mengungkapkan, sebenarnya pesawat rakitannya sudah bisa ia terbangkan. Hanya saja beberapa kerabatnya melarang karena landasan pacu yang digunakan belum sesuai dengan spesifikasi. Sehingga, dirinya berniat mengubah pesawat rakitan yang bertenaga 150 CC itu menjadi helikopter.

“Kalau terbang sebenarnya bisa ji. Cuma beberapa keluarga takut kalau diterbangkan di landasan pacu yang tidak sesuai spesifikasi. Makanya saya mau ubah menjadi helikopter saja, karena kalau heli itu tidak perlu memerlukan landasan pacu terlalu panjang. Bisa diterbangkan di lapangan saja,” ungkapnya.

Meski demikian, niatnya ingin mengubah pesawatnya menjadi helikopter terkendala dengan biaya. Saat ini kata dia, dirinya masih mengumpulkan uang pribadi untuk menggapai impiannya itu.

“Insyaaallah pasti akan jadi. Dalam waktu dekat saya bawa lagi pesawatnya ke kampung untuk diubah menjadi helikopter. Pasti biayanya besar, tapi saya harus rampungkan ini, sementara saya kumpulkan uang dulu demi impian,” ujar Ibrahim diselingi tawa.

Ibrahim juga mengutarakan, hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Enrekang belum memberikan respons mengenai pesawat rakitannya itu. Padahal, dirinya sudah melaporkan dengan Bupati Enrekang, Muslimin Bando secara langsung.

“Saya juga heran, saya sudah laporkan ke Bupati soal pesawatku ini tapi belum ada respons. Padahal inikan bisa buat bangga daerah juga. Tapi saya tidak mau kepikiran itu terlalu panjang, saya niat buat ini memang karena ya memang impian saya sejak kecil,” uacpnya.

Contoh 13: PLN Pasok Listrik ke Peternakan Ayam di Gowa, Biaya Operasional Ditekan

PT PLN (Persero) mendukung kebutuhan listrik para peternak ayam di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui inovasi dalam bidang Electrifying Agriculture. Program ini membantu bisnis peternakan ayam menjadi lebih modern, ramah lingkungan dan efisien.

“Untuk menciptakan iklim industri peternakan modern, PLN berkomitmen memberikan dukungan pasokan listrik kepada para pelaku usaha peternakan sebagai mitra bisnis,” ungkap General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi (UIW Sulselrabar) Awaluddin Hafid dalam keterangan yang diterima, Kamis (17/3/2022).

Saat ini sudah ada empat pelanggan industri peternakan ayam modern yang telah menggunakan listrik PLN dengan total daya 205 kiloVolt Ampere (kVA) di Kecamatan Manuju dan Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa. Ke depannya terdapat 3 potensi pelanggan dengan total daya sekitar 159 kVA yang akan dilayani oleh PLN di Kabupaten Gowa.

Industri peternakan ayam modern sesuai observasi PLN membutuhkan listrik untuk mengubah kandang ayam yang tadinya konvensional ( open farm atau terbuka) menjadi modern ( close farm atau tertutup) dengan tujuan agar suhu di kandang ayam tersebut terkontrol sehingga lebih efisien dan efektif.

“Di samping itu untuk mengolah pakan ayam, beberapa peternak yang tadinya menggunakan genset diesel pun beralih menggunakan listrik PLN karena lebih hemat dan efisien,” kata Awaluddin.

Salah satu peternak ayam kandang tertutup di Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, Mustakim mengungkapkan pasokan listrik dari PLN dapat membantu peternak lebih efisien.

Jika harus menggunakan genset untuk mengoperasikan kipas blower, penghangat ruangan dan lampu ia membutuhkan rata-rata 3.600 liter solar atau setara sekitar Rp 32 juta per bulannya. Namun dengan menggunakan listrik, Mustakim hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 7 juta per bulannya untuk operasional peternakan kandang tertutupnya.

“Setelah menggunakan listrik, kami dapat mengoptimalkan produksi yang tadinya panen membutuhkan waktu 28 hari kini hanya membutuhkan waktu 22 hari sehingga dari sisi efektifitas waktu lebih singkat dan omzet kami pun otomatis meningkat,” imbuhnya.

Contoh 14: 3 Mahasiswa Unhas Wakili Sulsel-Sulbar Jadi Duta Inspirasi Indonesia

Tiga mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) terpilih menjadi Duta Inspirasi Indonesia mewakili Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Sulawesi Barat (Sulbar). Mereka terpilih dalam 68 orang terbaik di 34 provinsi.

Ketiga mahasiswa yang terpilih ialah Husnaeni (Duta Inspirasi Sulawesi Barat), Muh Ichwan (Duta Inspirasi Sulawesi Barat), serta Mustika Alyani (Duta Inspirasi Sulawesi Selatan). Mereka sudah resmi dilantik melalui virtual meeting pada Selasa (1/3) lalu.

“Total pendaftar kemarin 400 orang lebih, dan hanya 2 dari setiap provinsi yang terpilih. Alhamdulillah saya jadi salah satunya mewakili Provinsi Sulawesi Barat,” ujar Husnaini kepada detikSulsel, Rabu (9/3/2022).

Husnaeni menjelaskan pemilihan Duta Inspirasi Indonesia merupakan program yang didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Dalam ajang ini 68 pemuda pemudi terbaik perwakilan 34 provinsi diseleksi untuk menjadi duta.

“Tugas yang akan kami jalankan dalam waktu 3 bulan ke depan adalah menjalankan program kerja yang pada intinya adalah menyebarkan manfaat dengan memberikan inspirasi kepada pendengar, baik itu di sosial media maupun penerapannya dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Unhas itu mengaku punya program podcast yang akan menyasar kaum milenial. Programnya akan ditayangkan di berbagai platform media sosial atas nama Duta Inspirasi Indonesia.

“Ke depannya kalau kondisi dan situasi memungkinkan kita bakal buat versi offline-nya juga. Tapi untuk sekarang masih online semua,” imbuhnya.

Contoh 15: Warga Bone Bikin Alat Deteksi Dini Angin Kencang, Kurangi Risiko Bencana

Warga Desa Massenrengpulu, Kecamatan Lamuru, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) menciptakan alat deteksi dini angin kencang. Alat ini diklaim mampu mengurangi risiko dampak bencana.

Kepala Desa Massenrengpulu Wahyudi mengungkapkan, detektor angin kencang tersebut sebagai alat mitigasi bencana. Lahirnya alat itu dipicu atas keresahan wilayahnya langganan bencana angin kencang.

“Alat ini sebagai alat mitigasi bencana. Desa Massenrengpulu langganan angin kencang di akhir tahun hingga bulan Maret,” kata Kepala Desa Massenrengpulu Wahyudi saat ditemui detikSulsel pada Selasa (26/7/2022).

Wahyudi menyebut, alat ini bisa mendeteksi 3 tahap, yakni status siaga, waspada, dan awas. Ketika angin berhembus dengan kecepatan di atas 30 kilometer/jam maka akan langsung dideteksi oleh sensor angin (anemometer).

“Data kecepatan angin yang terdeteksi, langsung diolah oleh sistem mikrokontroler menjadi sebuah pesan peringatan. Pesan peringatan secara otomatis akan terkirim ke nomor HP warga yang telah ter-input di sistem,” sebutnya.

Pengiriman pesan peringatan diatur dengan 3 tingkatan status. Pertama, angin kecepatan di atas 30 km/jam maka akan mengirim SMS peringatan Awas.

Selanjutnya, angin kecepatan di atas 50 km/jam maka akan mengirim SMS peringatan Waspada. Sementara yang ketiga, angin kecepatan di atas 60 km/jam maka akan mengirim SMS peringatan Awas dan segera ke tempat evakuasi.

“Ketika kecepatan angin membahayakan atau dalam status waspada dan awas, akan ada bunyi sirine juga. Informasinya akan ada pemberitahuan langsung untuk melakukan evakuasi. Kita sudah siapkan jalur evakuasinya untuk langsung berkumpul di lapangan sepak bola,” bebernya.

Wahyudi menambahkan, alat deteksi angin kencang yang diinisiasi Ketua Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Desa masih akan terus dikembangkan. Bahkan diharapkan bisa dihadirkan di tiap dusun.

“Ke depannya untuk lebih efektif harus disiapkan di masing-masing dusun. Dan itu yang akan kami upayakan secepatnya,” jelas Wahyudi. (fr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *