Ajang pemilihan duta kampus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Ibrohimy STITAL 2022-2023 telah sampai pada malam grand final. Setelah rangkaian seleksi Duta Kampus muali dari babak penyisihan, tes ngaji Al-Qur’an, tes tulis, tes bakat, karantina, hingga grand final yang diadakan sejak tanggal 11 desember sampai 20 desember 2022, dari sekitar 30 an peserta yang mendaftar, terpilihlah 6 mahasiswa terbaik (Tiga pasang calon) sebagai Duta Kampus STITAL 2022-2023 pada malam grand final tadi malam (selasa/20/12/2022).

Acara pemilihan Duta kali ini mengusung tema yang bertajuk “Mengawal Tahun Toleransi Menjadi Mahasiswa Berprestasi”

Pada malam grand final tadi malam, dengan hasil penilaian dewan juri tiga pasang Duta terpilih, mulai dari duta kampus, duta kampus wakil I dan duta kampus wakil II. Duta kampus dinobatkan kepada Syamsuddin dan pasangannya Qurrotul Uyun, duta kampus wakil I jatuh pada Kholidul Faisol dan Nurul Mukaromah serta duta kampus wakil II diraih oleh Moh. Asrori dan Muayyanah.

Malam puncak grand final di hadiri oleh Plt. Bupati Drs. Mohni, Sekretaris Daerah Pemkab Bangkalan Moch. Taufan Zairinsyah. Dinas KB-P3A, Siti Amina Rachmawati. Kepala BPKAD, Abdul Azis. Kepala Bapedda, Eko Setiawan. Kepala Dispenduk, Zakariya. Dinas sosial, Wibagio Suharta. Kepala Disdik. Bambang Budi Mustika. Bupati Lira, Duta Kampus se-Jawa Timur dan BEM se-bangkalan.

Siti Amina Rachmawati dinas KB-P3A menyampaikan dalam sambutannya, turut bahagia dengan diadakannya Duta Kampus oleh kampus STITAL yang mana beliau berharap agar nantinya Duta terpilih bisa membawa sebuah perubahan untuk kampus juga pemerintah.

“Saya sangat bangga dengan STITAL yang mana mampu mengadakan acara seperti ini, memang mahasiswa harus menjadi agen of change, teruskan karena acara ini positif.” Pungkasnya

Selaras dengan apa yang disampaikan oleh ketua STITAL bpk. Muksin, S. sos.i M.pd.i, dalam sambutannya beliau mengatakan Duta Kampus selain menjadi ikon kampus juga menjadi mediator untuk memperkenalkan kampus terhadap dunia luar, mulai dari etika yang baik juga intelektual.

“Duta ini menjadi salah satu representasi dari kampus, maka dari itu kenalkan ke masyarakat luas bahwa STITAL memang berkualitas dan mampu bersaing dengan kampus yang lain.” Tuturnya

Harapan besar ketua STITAL terhadap Duta Kampus yang terpilih tersebut untuk mampu menjadi contoh terhadap mahasiswa yang lain, juga mampu menjaga nama baik kampus dimanapun berada.

“Saya harap duta bisa menjadi contoh dan bisa menjaga nama baik kampus.” Tandasnya

Presiden Mahasiswa sahabat Latif Maulana mengatakan bahwa acara pemilihan Duta Kampus tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena sekarang lebih banyak variasi, mulai dari gerakan dan pertanyaan yang dilakukan sebanyak dua kali, agar kemudian duta yang terpilih kali ini memang betul-betul matang dalam tahap proses menjadi duta.

“Berbeda dengan tahun kemaren, sekarang lebih banyak gerakan dan pertanyaan yang lebih dari satu kali, ini supaya peserta duta benar-benar matang dalam mencapai keinginannya.” Tuturnya

Nantinya Duta Kampus terpilih akan juga diarahkan ke sejarah peninggalan, khususnya yang berada di kabupaten Bangkalan agar para duta ini lebih faham terkait sejarah dan peninggalan para pejuang terdahulu.

“Insya Allah nanti akan kami bawa para duta ini ke peninggalan cakraningrat dan tempat yang memang memiliki sejarah terhadap perjuangan bangsa” Pungkasnya

Syamsuddin Duta Kampus terpilih mengatakan banyak terimakasih atas kepercayaan serta amanat yang telah di berikan.

“Tidak menyangka saya bisa terpilih, terimakasih banyak atas kepercayaan yang telah di berikan terhadap saya dan insya Allah saya siap berkontribusi penuh terhadap STITAL.” Pungkasnya

Selaras dengan Duta Kampus terpilih putri Qurrotul Uyun, ia banyak mengucapkan terimakasih atas amanah yang diberikan dan semoga bisa membantu STITAL lebih maju lagi.

“Terimakasih banyak atas kepercayaannya dan saya siap untuk mengabdi terhadap STITAL.” Tandasnya

Pewarta: Nuril

By Rossim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *