Kelompok V Kuliah kerja nyata (KKN) yang berbasis pemberdayaan masyarakat (SISDAMAS) STIT AL-IBROHIMY Bangkalan menuai apresiasi besar dari masyarakat dan instansi setempat. Pasalnya kelompok yang bertempat di desa Banyoneng Laok kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan tersebut mengeluarkan produk unggulan dengan nama G-DBOK yang diharapkan akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Berangkat dari observasi teman-teman KKN kelompok V disekitar lokasi tempat mereka bermukim, desa banyoneng laok. Terlihat banyak pelepah pisang yang terbuang sia-sia, yang akhirnya mereka mempunyai inisiasi untuk mengkonversinya menjadi suatu yang dapat dimanfaatkan yang bernilai ekonomis, yakni menjadi suatu olahan makanan, kripik pelepah pisang. Produk unggulan dari mahasiswa asal Galis tersebut nantinya diharapkan bisa berlanjut dan diteruskan oleh masyarakat setempat sebagai upaya membantu membangkitkan perekonomian masyarakat di desa.

“Karena kami melihat banyak pelepah pisang yang terbuang sia-sia, maka dari itu kami berinovasi untuk memanfaatkan pelepah pisang tersebut menjadi sebuah olahan yang bisa bernilai ekonomis untuk meningkatkan perekonomian desa banyoneng laok” ujar, Nuril JNZ ke awak media.

Produk tersebut juga mendapatkan apresiasi dari Beberapa instansi pemerintah kecamatan geger, diantaranya Bapak Camat Geger, beliau mengatakan bahwa teman-teman Mahasiswa KKN kelompok V asal STITAL tersebut telah menjadi inovator yang telah memberikan suatu ide dan penemuan cemerlang bagi masyarakat banyoneng laok secara khusus dan kecamatan geger umumnya, dalam membantu mata pencaharian yang kemudian dapat meningkatkan perekonomian masyararakat.

“Alhamdulillah, kurang lebih 10 hari teman-teman KKN ikut membimbing masyarakat Banyoneng Laok, untuk membantu perekonomian masyarakat terkait adanya inovasi pembuatan kripik dari pelapah pisang” ungkapnya, bapak Camat Geger

“Kami baru tau kalo pisang ternyata bukan hanya buahnya yang bermanfaat atau bisa di makan, tapi ternyata dengan adanya teman-teman KKN STITAL ini betul-betul memberikan peluang kepada masyarakat khususnya Banyoneng Laok untuk dapat mengembangkan ini, sehingga terwujud dan mampu mendukung adanya kegiatan ini terutama dalam keluarga” imbuhnya.

Bukan hanya Camat Geger yang mengapresiasi produk KKN ini tetapi juga dari pihak puskesmas juga mengapresiasi produk KKN kelompok V tersebut, beliau berharap dengan penemuan baru tersebut bisa menjadi pemicu meningkatnya ekonomi masyarakat setempat

“Semoga produk dari teman-teman ini bisa membangkitkan perekonomian masyarakat yang di tempati oleh teman-teman KKN asal STITAL” Ungkapnya kepala puskesmas.

penulis: RSM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *