Calon mahasiswa baru STIT Al Ibrohimy Bangkalan 2022 yang sebelumnya mendaftar via online akhirnya berkesempatan berkunjung langsung ke kampus masa depan. Pasalnya ada Tes Masuk yang harus mereka lalui sebelum akhirnya menyandang gelar mahasiswa.

Sejak pagi, bahkan sebelum civitas akademik datang, terlihat belasan calon mahasiswa dengan seragam hitam-putih, tampak sudah berada di lingkungan kampus. Beberapa berbincang dengan sesama calon mahasiswa, dan beberapa yang lain terlihat sibuk membaca buku untuk persiapan tes masuk gelombang pertama ini.

Pukul 07.30 WIB, Tes Potensi Akademik dimulai. Puluhan peserta dipandu oleh Duta Kampus tentang mekanisme Ujian. Semua peserta menyelasaikan tes online tersebut selama sekitar satu jam. Setelah itu tiba gilirannya semua peserta untuk diuji pengetahuan baca dan tulis al Quran di Aula KH. Fani Rosidi Azis. Pada sesi ini, peserta dipencar menjadi beberapa kelompok dalam ruangan yang berbeda dan menyelesaikan soal serta praktek al Quran dengan penguji yang berbeda.

Meski terlihat sibuk dan lumayan tegang, Tes ini berlangsung seperti yang direncanakan dan dinyatakan selesai tepat pukul 10.30 WIB. Ketua Panitia Penyelenggara Penerimaan Mahasiswa Baru 2022 (PMB 2022) yang sekaligus menjadi ketua panitia Tes Masuk, Moh. Siswanto, S.Pd.I, MH menyatakan bahwa tes ini digelar untuk mengukur kemampuan, dan menyaring potensi calon mahasiswa agar sesuai dengan program studi yang dipilih sebelumnya.

Setelah Tes Masuk selesai, nilai ujian segera dirilis, selain itu melalui situs resmi stital.ac.id, panitia juga mengumumkan bahwa Tes Masuk Gelombang II akan digelar pada 26 Agustus 2022. Semua calon mahasiswa baru yang mendaftar di Gelombang II diharapkan mempersiapkan dirinya sebaik mungkin sebab panitia juga bisa menjadikan hasil Tes Masuk sebagai rekomendasi Program Studi yang harus diambil oleh mahasiswa serta Unit Kegiatan Mahasiswa yang dapat dipilih nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *